Tips Revo 110cc Menjadi 157cc
Hey Blogger, udah lama nih ya nggak posting...
Posting kali ini gue mau ngeshare nih caranya buat bikin motor Honda REVO ABSOLUTE 110cc jadi lebih cepet lajuny untuk harian. sesuai dengan pengalaman revo gue...

Oke langsung aja.
1. Ukuran atau diameter Seher/Piston/Torak.
Ukuran Seher/Piston/Torak sangat berpengaruh di dalam performa mesin revo yg standarnya hanya 110cc dan kurang dalam lajunya,
Disini ukuran Seher/Piston/Torak standart Milik Revo hanya berukuran 50mm, maka gue pakai Seher/Piston/Torak Milik Honda Sonic 125cc oversize 0.50 yg berukuran atau diameter 58,5mm. kalau pake stang seher/lengan ayun star revo menghasil kan cc 149cc dengan rumus ( 3,14 x Diameter bagi 2 x panjang lengan ayun/stang seher ) Contoh : 3,14x29,25mmx29,25mmx55,6mm = 149367,5235 cc
3,14 itu Rumus mutlak untuk lingkaran
29,25 itu hasil pembagian 2 dari 58,5mm
55,6 itu panjang stang seher/lengan ayun

2. Stang Seher Atau Lengan Ayun
Panjang atau langkah Stang seher juga berpengaruh dalam Power mesin.
Untuk ini gue pakai stang seher atau lengan ayun milik honda Kharisma 125d atau sama dengan Supra X 125. dengan panjang 58,8. jadi jika digabungkan dengan ukuran diameter piston yg gue pakai itu hasilnya menjadi... wala 157964,2155 cc atau lebih mudah menjadi 157cc. wow naik 47cc ya

3. Durasi Noken As/Cham/Champaft
Durasi Noken As/Cham/Champaft berpengaruh dalam kerja klep/katup dalam memasukan bahan bakar attau membuang sisa gas bakar dalam ruang bakar.
Disini gue pakai durasi 360derajat untuk IN dan 380derajat untuk EX

4. Katup/Klep
Katup sangat penting untuk motor berkarakter mesin 4 tak. atau 4 kali langkah baru mendapatkan 1 kali tenaga.
Dalam katup ini pun gue ganti. untuk katup IN atau katup masuk gue pakai katup standar REVO fit. karena ukurannya juga cukup lebar. dan untuk katup EX atau katup buang gue pakai Katup Buang milik Suzuki Thunder 125. masalah REVO dalam katup ini sebenarnya hanya dalam katup EX. karena katup EX milik REVO terlalu kecil dengan bandingan berapa jumlah bahan bakar yg masuk dan terbakar. maka cukup melebarkannya maka akan lebih menambah power laju mesin.

5. Kopling
Kopling berfungsi untuk menyambung dan memustus putaran Kruk as ke Rasio
Untuk bagian kopling ini gue pakai kopling standar cuma gue memodifikasi blok atau rumah kopling luar menjadi kopling manual atau kopling tangan nggak otomatis lagi. dan karena kopling REVO ini masih kopling yg make Plat per kopling bukan pakai Per kopling maka gue pakai Plat Per Kopling dengan ukuran 5mm. memang menjadi agak berat saat tangan kiri kita menarik tuas/handle kopling tapi untuk hentakan gak usah lo raguin lagi.
Dan untuk kanvas koplingnya gue pakai Merek TDR G-Force 1 dengan harga 1 Kanvas seharga Rp.67.000,- dan Revo memakai 3 Kanvas.

6. CDI dan Koil
CDI berfungsi untuk mengatur batasan putaran mesin dalam kelistrikan
Koil sebagai Pengubah arus dari Fulser yg dialirkan ke CDI yg ber type AC Menjadi DC dan mengalikannya ke BUSI
Untuk CDI standart Revo yg hanya berbatas 15.000 Rpm (Rotation Per Minute) gue ganti pakai CDI Suzuki Shogun Kebo yg berkapasitas 19.000 Rpm (Rotation Per Minute) semakin tinggi batasan RPM CDI semakin panjang dan semakin tinggi power kuda besi kita
Dan untuk Koil gue ganti standartnya dengan Koil merek KTC BlueThunder...


7. Busi
Busi merupakan Isolator Penghantar listrik dari fulser yg di ubah di CDI dan di alirkan ke Koil yg dari berupa aliran litrik menjadi percikan bunga api
Bukan rahasia lagi kalau busi standar kurang dapat memercikan bunga api yg besar maka untuk BUSI gue ganti dengan busi IRIDIUM merek NGK RACING

8. Kompresi Dan lubang IN dan EX di Blok Head
Kompresi Berpengaruh dalam POWER awal/Acselerasi
Lubang IN dan EX di blok head berguna untuk memperlebar ruang masuk nya bahan bakar dan memperluas ruang untuk membuang sisa gas bakar.
Untuk Kompresi gue memapras/membuang bagian dari blok head sebesar 0,8mm untuk menambah acselerasi
Dan untuk lubang IN dan EX gue memperlebarnya sebanyak IN : 2mm dan EX ; 1,5mm


9. Pipa Buang/Knalpot/Exhaust
Pipa Buang/Knalpot/Exhaust berguna sebagai pembuangan gas sisa bakar dalam ruang bakar
Pipa Buang/Knalpot/Exhaust standart revo terlalu kucil ukuran pipanya dan membuat mesin tidak dapat maksimal dalam kerjanya. Maka untuk urusan Pipa Buang/Knalpot/Exhaust gue percayakan dengan Pipa Buang/Knalpot/Exhaust merek AHAU MOTOR Atau Pipa Buang/Knalpot/Exhaust Racing yg kuturan pipanya kebih besar 2x lipat dari standarnya atau dengan ukuran 4" (inci)

10. Main jet Dan Pilot Jet
Main Jet dan Pilot Jet berfungsi sebagai pengatur seberapa banyak bahan bakar yg terhisap oleh karburator untuk masuk ke ruang bakar
Untuk ukuran Main Jet dan Pilot jet yg standart nya berukuran 88 dan 35 gue rubah menjadi 93 dan 40. untuk hal ini lo bisa beli Main Jet dan Pilot Jet nya di bengkel bengkel pinggir jalan dengan sebutin ukuran tadi.
kalau semua itu sudah di ubah hasilnya Wala dijalanan lo gak bakal malu pakai Absolute REVO lagi yg identik dengan Para Bapak-bapak. sekarang jamannya anak muda pakai motor bapak-bapak tapi tetep cihuy larinya. di jalan lo bakal bisa ngejar laju motor Suzuki Satri F 150. bahkan lo bisa ngeduluin nya.
nggak bohong nggak ngarang nggak nipu, lo rasain sendiri lo cobain sendiri lo bangga sendiri....
Posting kali ini gue mau ngeshare nih caranya buat bikin motor Honda REVO ABSOLUTE 110cc jadi lebih cepet lajuny untuk harian. sesuai dengan pengalaman revo gue...
Oke langsung aja.
1. Ukuran atau diameter Seher/Piston/Torak.
Ukuran Seher/Piston/Torak sangat berpengaruh di dalam performa mesin revo yg standarnya hanya 110cc dan kurang dalam lajunya,
Disini ukuran Seher/Piston/Torak standart Milik Revo hanya berukuran 50mm, maka gue pakai Seher/Piston/Torak Milik Honda Sonic 125cc oversize 0.50 yg berukuran atau diameter 58,5mm. kalau pake stang seher/lengan ayun star revo menghasil kan cc 149cc dengan rumus ( 3,14 x Diameter bagi 2 x panjang lengan ayun/stang seher ) Contoh : 3,14x29,25mmx29,25mmx55,6mm = 149367,5235 cc
3,14 itu Rumus mutlak untuk lingkaran
29,25 itu hasil pembagian 2 dari 58,5mm
55,6 itu panjang stang seher/lengan ayun
2. Stang Seher Atau Lengan Ayun
Panjang atau langkah Stang seher juga berpengaruh dalam Power mesin.
Untuk ini gue pakai stang seher atau lengan ayun milik honda Kharisma 125d atau sama dengan Supra X 125. dengan panjang 58,8. jadi jika digabungkan dengan ukuran diameter piston yg gue pakai itu hasilnya menjadi... wala 157964,2155 cc atau lebih mudah menjadi 157cc. wow naik 47cc ya
3. Durasi Noken As/Cham/Champaft
Durasi Noken As/Cham/Champaft berpengaruh dalam kerja klep/katup dalam memasukan bahan bakar attau membuang sisa gas bakar dalam ruang bakar.
Disini gue pakai durasi 360derajat untuk IN dan 380derajat untuk EX
4. Katup/Klep
Katup sangat penting untuk motor berkarakter mesin 4 tak. atau 4 kali langkah baru mendapatkan 1 kali tenaga.
Dalam katup ini pun gue ganti. untuk katup IN atau katup masuk gue pakai katup standar REVO fit. karena ukurannya juga cukup lebar. dan untuk katup EX atau katup buang gue pakai Katup Buang milik Suzuki Thunder 125. masalah REVO dalam katup ini sebenarnya hanya dalam katup EX. karena katup EX milik REVO terlalu kecil dengan bandingan berapa jumlah bahan bakar yg masuk dan terbakar. maka cukup melebarkannya maka akan lebih menambah power laju mesin.
5. Kopling
Kopling berfungsi untuk menyambung dan memustus putaran Kruk as ke Rasio
Untuk bagian kopling ini gue pakai kopling standar cuma gue memodifikasi blok atau rumah kopling luar menjadi kopling manual atau kopling tangan nggak otomatis lagi. dan karena kopling REVO ini masih kopling yg make Plat per kopling bukan pakai Per kopling maka gue pakai Plat Per Kopling dengan ukuran 5mm. memang menjadi agak berat saat tangan kiri kita menarik tuas/handle kopling tapi untuk hentakan gak usah lo raguin lagi.
Dan untuk kanvas koplingnya gue pakai Merek TDR G-Force 1 dengan harga 1 Kanvas seharga Rp.67.000,- dan Revo memakai 3 Kanvas.
6. CDI dan Koil
CDI berfungsi untuk mengatur batasan putaran mesin dalam kelistrikan
Koil sebagai Pengubah arus dari Fulser yg dialirkan ke CDI yg ber type AC Menjadi DC dan mengalikannya ke BUSI
Untuk CDI standart Revo yg hanya berbatas 15.000 Rpm (Rotation Per Minute) gue ganti pakai CDI Suzuki Shogun Kebo yg berkapasitas 19.000 Rpm (Rotation Per Minute) semakin tinggi batasan RPM CDI semakin panjang dan semakin tinggi power kuda besi kita
Dan untuk Koil gue ganti standartnya dengan Koil merek KTC BlueThunder...
7. Busi
Busi merupakan Isolator Penghantar listrik dari fulser yg di ubah di CDI dan di alirkan ke Koil yg dari berupa aliran litrik menjadi percikan bunga api
Bukan rahasia lagi kalau busi standar kurang dapat memercikan bunga api yg besar maka untuk BUSI gue ganti dengan busi IRIDIUM merek NGK RACING
8. Kompresi Dan lubang IN dan EX di Blok Head
Kompresi Berpengaruh dalam POWER awal/Acselerasi
Lubang IN dan EX di blok head berguna untuk memperlebar ruang masuk nya bahan bakar dan memperluas ruang untuk membuang sisa gas bakar.
Untuk Kompresi gue memapras/membuang bagian dari blok head sebesar 0,8mm untuk menambah acselerasi
Dan untuk lubang IN dan EX gue memperlebarnya sebanyak IN : 2mm dan EX ; 1,5mm
9. Pipa Buang/Knalpot/Exhaust
Pipa Buang/Knalpot/Exhaust berguna sebagai pembuangan gas sisa bakar dalam ruang bakar
Pipa Buang/Knalpot/Exhaust standart revo terlalu kucil ukuran pipanya dan membuat mesin tidak dapat maksimal dalam kerjanya. Maka untuk urusan Pipa Buang/Knalpot/Exhaust gue percayakan dengan Pipa Buang/Knalpot/Exhaust merek AHAU MOTOR Atau Pipa Buang/Knalpot/Exhaust Racing yg kuturan pipanya kebih besar 2x lipat dari standarnya atau dengan ukuran 4" (inci)
10. Main jet Dan Pilot Jet
Main Jet dan Pilot Jet berfungsi sebagai pengatur seberapa banyak bahan bakar yg terhisap oleh karburator untuk masuk ke ruang bakar
Untuk ukuran Main Jet dan Pilot jet yg standart nya berukuran 88 dan 35 gue rubah menjadi 93 dan 40. untuk hal ini lo bisa beli Main Jet dan Pilot Jet nya di bengkel bengkel pinggir jalan dengan sebutin ukuran tadi.
kalau semua itu sudah di ubah hasilnya Wala dijalanan lo gak bakal malu pakai Absolute REVO lagi yg identik dengan Para Bapak-bapak. sekarang jamannya anak muda pakai motor bapak-bapak tapi tetep cihuy larinya. di jalan lo bakal bisa ngejar laju motor Suzuki Satri F 150. bahkan lo bisa ngeduluin nya.
nggak bohong nggak ngarang nggak nipu, lo rasain sendiri lo cobain sendiri lo bangga sendiri....
Bang numpang tanya.ane beli abs rvo cw2012 second tapi pas di jalan sering mati sendiri misal kalo atau jalan lambat dikemacetan.minta solusinya bang.ane baru punya motor nih boro2 bisa modif.
ReplyDeleteCoba cek setingan karburatornya, kalo masih juga cek posisi top rantai keteng atau rantai mesin
ReplyDeletenah perlu biaya berapah itu gan brohhh???
ReplyDeleteKalo ngomong soal biaya, biaya lumayan. Tp kalo di banding dengan kepuasan jauh lebih mahal kepuasannya.
ReplyDeleteBiaya itu total sekitar 2jt s/d 2,5jt tergantung daerah yg jual barang. Karna tiap daerah kadang beda harga
Butuh dana berapa bro??
ReplyDeleteSekitar 1jt-2,5jt sekarang. Tapi beda daerah beda harga.. karena bederda pula tiap tiap bengkel memberi harga.
ReplyDeleteMakasih ilmunya udah ϑì share
ReplyDeletePrmisi gan
ReplyDeleteane baru bore-up revo 110cc dgn mengganti piston npr jenong sdikit dbubut pistonnya jg blok pistonnya..,yg lain nya masih standart gan
mnurut agan nambah gag ya tenaga nya?
Terima kasih gan..
IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
ReplyDeletePADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762
Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014 Mega pro RingPiston197.000 Mega Pro Kabel Gas35.000 Mega Pro CDI 480.000 Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000 Mega Pro Shock Blkg318.000 Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000 Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000 Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000 Tiger Kampas Kopling Set 125.000 Tiger Saringan Udara 54.000 Tiger Rantai Roda Set 765.000 Tiger jari 2 Depan40.000 Tiger Piston154.000 Tiger Ring Piston 197.000 Tiger Kabel Gas 67.000 Tiger Kabel Kopling 30.000 Tiger CDI 410.000 Tiger Bola Lampu Blkg 20.000 Tiger Shock Dpn Kiri 530.000 Tiger shock Dpn Kanan530.000 Tiger Shock Blkg 494.000 Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000 Vario 110 Kampas Rem Blkg 63.000 Vario 110 Kampas Kopling Set 220.000 Vario 110 Saringan hawa 50.000 Vario 110 V-belt 130.000 Vario 110 CDI 470.000 kunci kontak set mio 160.000 kunci kontak set mio soul 225.000 kunci kontak set jmx 217.000 mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000 paking deksel mio 13.000 paking deksel jmx 23.000 shock blkg mio 155.000 noken as/as klep vixion 168.000 block rx king 1.148.000 gigi stater mio 167.000 gomok cvt 13.000 pen platuk klep mio 13.000 pen platuk klep jmx 20.000 tali speedo meter mio 17.000 kamvas kopling jupiter 88.000 seal klep mio 20.000 seal klep jmx 7.000 as engkol mio 145.000 as engkol xeon 115.000 karet tutup tangki 4.000 noken as jmx 245.000 Harga Kampas Rem Depan75.000 Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000 Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000 Harga Saringan Udara Rp. 35.000 Harga V-belt Rp. 83.000 Harga Roller/buah Rp. 15.000 Harga Rumah Roller Rp. 67.000 Harga CDI Rp. 220.000 Harga Relay Starter Rp. 62.000 Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000 Harga Piston Rp. 63.000 Harga Ring Piston Rp. 77.000 Harga Rocker Arm Rp. 125.000 Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000
lampu depan merk WIN-Honda:
- Grand, harga Rp 27.500,-
- Prima, harga Rp 25.000,-
- Supra, harga Rp 50.500,-
- SupraX, harga Rp 50.000,-
- Supra Fit, harga Rp 85.000,-
- New Supra Fit, harga Rp 75.000,-
- Karisma, harga Rp 85.000,-
- SupraX125, harga Rp 90.000,-
- SupraX125 07, harga Rp 100.000,-
- mega pro harga Rp 150.000
- mega pro new Rp 190.000,-
- tiger Rp 150.000,-
- Revo, harga Rp 75.000,-
- Vario, harga Rp 110.000,-
- vario techno Rp 110.000,-
- vario 125 f1 Rp 150,.000,- beat
- beat f1 Rp 85.000,-
- scoopy Rp 110.000,-
- spacy Rp 85,000,-
LAMPU DEPAN MERK WIN-YAMAHA :
- Alfa, harga Rp 27.500,-
- FI, harga Rp 27.500,-
- FIZR, harga Rp 30.000,-
- Vega 04, harga Rp 35.000,-
- Vega 06, harga Rp 55.000,-
- vega zr
- JupiterZ, harga Rp 70.000,-
- JupiterZ 06, harga Rp 72.500,-
- JupiterZ 10, Rp 77.500,-
- MX, harga Rp 60.000,-
- MX NEW 11, harga Rp 90.000,-
- Mio, harga Rp 42.500,-
- mio soul Rp 125.000,-
- xeon Rp 125.000,-
- xeon new
- xeon gt
- mio soul gt
- vixion 1 Rp 75.000,-
- vixion 2 Rp 125.000,-
- new vixion Rp 175.000,--
- byson Rp 165.000,-
lengan ayun BELAKANG/SWING ARM merk ptm
- Grand, hitam, Rp 110.000,-
- GL Pro, hitam, Rp 110.000,-/pc
- FIZR, hitam, Rp 110.000,-/pc
- Jupiter-Z, hitam, Rp 110.000,-/pc
- RXK, hitam, Rp 110.000,-/pc
- Tornado/Shogun, hitam, Rp 110.000,-
LAMPU STOP :
- Grand, harga Rp 50.000,-
- Prima, harga Rp 42.500,-
- Supra, harga Rp 70.000,-
- SupraX, harga Rp 73.500,-
- SupraX125, harga Rp 77.500,-
- Supra Fit, harga Rp 60.000,-
- Supra Fit New, harga Rp 65.000,-
- Legenda 2, harga Rp 46.000,-
LAMPU STOP MERK
KHUSUS BAN FDR KITA DISKON HARGA 10%
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBerlaku buat revo 100cc gak gan?
ReplyDeleteAman gak untuk harian
ReplyDeleteGan, utk ngerombak itu smua kira2 btuh dana brapa???
ReplyDeleteKlo bisa rincian'y gan, dikira2 agan aja, supaya ane bisa siapin budget'y.
Makasih sbelum'y.
2jt-2,5jt
DeleteGan, utk ngerombak itu smua kira2 btuh dana brapa??? Klo bisa rincian'y gan, dikira2 agan aja, supaya ane bisa siapin budget'y. Makasih sbelum'y.
ReplyDeleteMas kalo motor revo lari'a suka ngiuk n ngbrebet apa yg harus d ganti ya mas...
ReplyDelete#butuh info'a cpt"...
alamat bengkelnya dimana mas?
ReplyDeleteklo buat harian aman gak boss
ReplyDeleteKnp gk pake blue thunder gan ...bagusan... minta ilmu dikit gan...kalo main jet sama pilot jet...pke yg ukuran sgth... enak gk buat seher 53 klep standar .noken bubutan.
ReplyDeleteAgan kris dan agan doni : masih aman gan asalkan tebel boringan masih sisan minimal 1mm.
ReplyDeleteagan rico : kalo di revo 100cc itu cara bore up dan settingnya sama dengan supra x 100cc atau supra fit dan fit new. kalo tutor ini bisa di aplikasikan di honda kharisma 125, supra x 125, cs1, all varian matic honda kecuali vario techno dan jenis vario selain vario karburator.
agan nov rizal : kurang lebih total sekital 2,5jt gan
agan kurnadi : di coba cek stelan klep dan karburator kalo masih standard pabrikan, oiya jangan lupa cek juga busi.
Agan Eko : alamatnya di KP. JATIJAJAR 2 04/09 NO. 28 Tapos - Depok (masuk bisa dari arah simpangan depok atau dari gang nangka dekat RRI Rs. Sentra Medika)
Agan Idul : ane emang pake blu thunder gan, kalo ukuran main sama pilot segitu tergantung gan dengan durasi noken as nya. bisa pas bisa juga malah keborosan. harus di hitung ulang durasi, torsi maksimum dan minimum, diameter klep, sama kompresi yg agan mau. harus di hitung semua kalo asal pakai aja malah bikin motor cuma boros tapi malah nggak lari... ibarat kata suara doang gede tapi lari mah kagak kalo kata anak racing sekarang mah
Kemaren ane ru turun mesin abis 1 juta...bengkel patok harga 1.5..skr suara ma tarikkan nya lebih enak revo nya...
ReplyDeletegan brpa dana yg terpakai jika"tips" di atas sya lakukan..kecuali kopliang nya
ReplyDeleteGan, kalo udah pake ubahan kyk diatas.. tp kopling masih otomatis bisa gk?
ReplyDeleteGan, kalo udah pake ubahan kyk diatas.. tp kopling masih otomatis bisa gk?
ReplyDeleteAgan Qadry : kira kira 2jt mas tapi tergantung harga sparepart di tiap daerah sedikit berbeda. tapi ya maksimal 2 jtan deh
ReplyDeleteAgan Rizki : bisa kok mas, asalkan kanvas koplingnya di rawat aja (maksudnya di ganti sesuai pemakaian) kopling tangan sama kopling otomatis itu bedanya cuma yg satu kita narik sendiri (saya lebih seneng pake manual) yg satu otomatis kaya bawaan pabrik gak repot harus naruk tuas pas oper gigi. jadi ya itu selera mas. tapi nggak ada ngaruhnya sama mesin
bg fajri mnta solusi dong
Deletemtrku absolut kmarin ku bore up pkek botol kwsaki blis tp kndas trus bg.pdhal udah ku coak pistonnya bhkan prpak bloknya udah tbal 5mm.
kira" apa yg slh ya bg?..
Coba di cek lagi lebar waktu klepnya kebuka gan, biasanya kalo bore up kan Camp shaft atau noken as itu juga di rubah, nah mungkin noken as nya terlalu tinggi lift bukaannya.
Deletekalo sepengalaman ane si mending sehernya (bagian dalem) di cor las argon di tukang bubut tapi jangan sampe ngelewatin lobang buat masukin pen seher ke stang sehernya. jadi agan bisa coak lagi sehernya lebih dalem.
atau solusi paling mudahnya ya agan bikin paking alumunium buat paking belakang tebelnya di sesuaiin sama kondisi gan
maaf gan mau tanya
ReplyDeleteitu pake karbu standar tapi main jet nya yg di ganti..???
punya ane udah di corter 100 sama klapot udah racing
tapi yg lain masih standar
harus gimana lagi buat ngejar satria fu
ini bm ane 59503e60
gini loh gan, kalo korter biasanya kan masih seher standard jadi ya pengaruh nya kurang kerasa. mungkin kalau agan naik cc nya lebih banyak bisa buat ngejar satria di jalanan umum,
Deleteoversize 1.00 itu kurang lebihnya cuma bikin absolute jadi 110 cc pas doang gan. sedangkan standard bawaan pabriknya kan 109cc bisa diliat di bagian silinder blok nya.
saran sih minimal pake piston sonic yang ukuran pennya sama jadi nggak perlu ngerubah banyak, sama jangan lupa noken as nya juga buat di tukang bubut terpercaya jangan di abal abal. atau mau gampang ya beli Kawah*ra yg jenis K2 (itu yg semi harian) kalau K1 itu harian.
main jet dan pilot jet karburator nya juga di sesuain dengan karakter mesinnya
Kalo pake seher sonic kudu pake boring sonic jg gan?
ReplyDeleteKalau mau Oke si boleh pake sonic juga, tapi karena lobang krengkesnya absolute revo nggak memadai diameternya ketika di gedein jadi ya bisa pake boring apa aja asalkan minimal sisa boringan itu 3mm kalau untuk harian
DeleteBagi nomer wa nya dong gan, untuk konsul tentang mesin revo.. makasih
DeleteGan numpang tanya.itu koharnya aman kan?pernah dpt kendala ga sm revo korekannya?klo pke knalpot standar bobokan aja bs ga gan?trims
ReplyDeleteAlhamdulillah aman kok gan, kendala paling cuma di bensinnya agak boros dari setandartnya sama oli maksimal sebulan sekali hehe...
Deletebisa kok gan pake knalpot standar bobokan, tapi yang harus di ganti itu pipa leherannya pake minimal ukuran 24mm
Yg ini revofit injeksi gan..
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletebro mau tanya ni ane punya motor abs revo 110 tahun 2010, ane baru ganti rantai keteng memang suaranya jadi lebih halus maklum sudah 5 tahun belom diganti, nah pas udah diganti suara mesin jadi lebih halus tapi kok bunyi kletek2 kalau mesin masih dingin kalau sudah panas tidak bunyi saya tanya ke mekaniknya kenapa, dia bilang stang seher itu benar atau tidak ya gan? mohon solusinya
ReplyDeleteBiasanya si gan itu suara seher yang oplak dari boringan (aus) karna pemasangannya nggak bener. atau juga bisa dari top yang lompat 1 mata, bisa juga dari pelatuk klep yang agak kendor (Aus)
DeleteBengkelnya dimana bang?
ReplyDeleteDi depok gan
DeleteKP. JATIJAJAR 2 04/09 NO. 28 Tapos - Depok (masuk bisa dari arah simpangan depok atau dari gang nangka dekat RRI Rs. Sentra Medika)
DeleteMas brow ,motor ane baru turun mesi ,tapi setelah di pakai 2 minggu-an kok suara mesin kasar (bunyi grak grak grak) ,solusinya gimana ,maklum ane taunya kalow motor nggak enak , asal masuk bengkel aja dan tau beres ,tapi setelah ane liat kalender service motor ,1th ini absolut revo ane turun mesin 3 kali ,ini ane yg salah atau bengkelnya yg salah ,perasaan ane tiap hari pake ya cuman jl 60-80 km/h ,apa terlalu kenceng ya ,mohon masukannya mas brow...
ReplyDeleteThaks!!!
Biasanya sepengalaman ane itu kalo baru turun mesin bunyi gitu ada beberapa kemungkinan.
Delete1. pemasangannya asal (nggak pas)
2. Ada part kaya ring atau baut yang kurang (lupa kepasang)
3. Sehernya udah agak oblak sedikit karena kurang oli sebelumnya dan gak di ganti
4. Stang sehernya udah kena atau udah oblak
5. dan ini yang paling fatal, yaitu kruk as melintir atau udah nggak center (lurus) bahkan bisa juga dari Bearing kruk asnya nggak di ganti pas turun mesin (karena 2 kali turun mesin di bongkar yg ke 2 harus ganti bearing kruk as)
Bang,klo pistonnya ane genti sma piston honda sonic 150 cc,ngaruh nggak?,ane pake honda absolute revo 110cc SW 2009
ReplyDeletetetep ngaruh mas, ukuran pistonnya mungkin sedikit banget lebih kecil dari yg 125cc nya tapi tetep ngaruh kok.
Deletekan kalo yang 125cc nya itu diameter pistonnya 58mm nah kalo yang 150cc nya cuma kurang lebih 57,3mm jadi tetep ngaruh kok mas... cc absolute revo ente tetep nambah banyak kok hehe :))
Bro kalo rumah kopling di ganti rumah kopling karisma ngaruh laju kecepatan gx?
ReplyDeleteSepengalaman ane bro di revo absolute rumah koplingnnya lebih bagus dari pada rumah kopling kharisma. banyak malah yang pake kharisma atau supra 125d karburator yang ganti rumah kopling pake absolute revo. karena lebih anteng dan lebih ngegigit kanvas kopling... itu sepengalaman ane loh ya bro...
DeleteGan revo ane tarikan bawah nya kok selalu nge brebet yaa kaya motor mau mogok jadi kalo mau start harus diurut pelan dulu baru di tarik full biar ga ngebrebet
ReplyDeleteTolong solusi nya ganmasalah nya ada dmna??
Sama ane juga mau ganti kampas kopling kata org bengekel kampas ane udah ga main lagi semenjak di turun mesin 2minggu lalu jadi makin kerasa kalo pas ngebut ngerasa ada yg nahan di bagian mesin.
Td sempet searching kalo mau tarikan mantap pake rumah kopling kharisma tapi kata agan di atas kurang menjanjikan umur nyaa
Tolong solusi nya yaa gan.
Kalo boleh bisa kasih nomor whastapp nya gan ane udah cape di akal2in bengkel mulu jd biar ane ke bengkel agan aja hehe rumah ane di daerah cibubur
Thanks
Kalo tarikan bawah brebet gitu biasanya ada 3 kemungkinan gan,
Delete1. filter udaranya (kalo masih di pake) itu udah kotor banget, biasanya kalo mau enteng di lepas
2. main jet - pilot jet karburator nya kotor dan settingan angin karburatornya nggak bener bahkan bisa juga karbu yang error
3. setingan klep dan Top gir gigi sentriknya nggak pas waktu masang gan.
kalo tarikan bawahnya brebet gitu umum dan yang paling sering ber masalah anatar tiga itu gan, tapi kalo motor ente bore up udah beda urusan lagi ya gan...
rumah kopling revo itu udah bagus kok bawaannya cuma musti sedikit di rubah, tenang rubahnya sama harga kampas kopling baru hampir sama kok :)) nggak mahal banget, masih di bawah 100rb dari pada ganti lebih baik pake orinya yang jelas emang udah di ukur sama penciptanya cuma mungkin kita disini sedikit meluruskan hitungan yang sedikit banget kurang pas hehe
kalo nomer ane : 082213473655 (tapi ente bisa kok dateng ke bengkel abang ane kok masih deket rumah, di depok cimanggis) deket lah dari cibubur. nanti juga misalkan agan dateng ane yang juga yang ngerjain gan hehe (maaf promosi) :)
bang punya ane revo fit nihh ,, pake seher sonic tapi boringnya pake yg standart cuman di gedein .. noken di papas 1mm per klep juga pake sonic .. tapi kopling ranganya gk ada bentakan ..kira2 berapa harga per plat kopling yg agan katakan diatas .. dan pake cdi apa ? cdi nya juha blum ganti. ;) bales ya bang sorry .
ReplyDeletebuat kopling coba cek dulu (kalo belum ganti kopling tangan yaaa), kanvas kopling otomatisnya sama rumahnya udah abis atau kemakan apa belum, kalo misalkan udah di cek tapi belum dan masih bagus cek di rumah kopling dan plat yang ada di antara kanvas kopling sekalian kanvasnya udah abis atau kemakan belum. biasanya si itu doang yang bikin masalah.
Deletekalo platnya bikin di tukang bubut juga bisa om, bawa aja orinya minta bikin yang presisi kayak contoh tapi dengan tebel yang diperhitungkan, kalau untuk harian si mending jangan lebih dari 5 apa lagi masih kopling kaki nanti encok loh kaki ente :D
Ane CDI pake Shogun Kebo. ya kalo ori sekitaran 250rb lah kurang lebih. (oiya, untuk yang ini ganti mending sama yang biasa ngurus perkabelan ya kayak di bengkel tapi jangan bengkel tambel ban atau lay juga hehe. soalnya kalo ampe salah sedikit ngerubah timing fulsernya berantakan kabel body ente)
Sorry ya baru bisa bales. lagi banyak banget kerjaan soalnya :D
Mas,kalau ganti cdi sm koil,apa harus merubah spull nya juga atau ngga mas?
ReplyDeleteTerima kasih
kalau koil nggak usah rubah mas, langsung pasang aja. tapi inget dulu pengapian motor ente AC atau DC (dibantu Accu) kalau AC ya beli koilnya yang buat AC dan sebaliknya. kalo nggak kadang ada aja yang konslet di koilnya, jadi cepet mati deh itu koil yang baru kan sayang uangnya kalo salah beli hehe :D
Deletekalau CDI tergantung mas, kalau ente makenya CDI after market kaya model CDI BRT, Kawahara, dan sejenisnya ente tinggal bilang buat motor apa udah tinggal colok aja.
Tapi kalo ente kanibal motor lain kayak ane yang absolute revo pake CDI shogun Kebo itu ngerubah Timming Fulser yang di magnet mas. dan tiap motor geseran timingnya beda
Sorry ya baru bisa bales. lagi banyak banget kerjaan soalnya :D
Mas,kalau ganti cdi sm koil,apa harus merubah spull nya juga atau ngga mas?
ReplyDeleteTerima kasih
Blok seher revo lama yah? yang mesinnya sama itu kayak supra X 100cc?
ReplyDeletesepengalaman ane kalo di Supra x 100cc itu bisa tapi dengan catatan loh! harus geser baut 4 (baut tusuk sate atau baut tanam) dari krengkes, blok seher, dan head pun lobangnya harus di geser lebih keluar lagi. soalnya blok dia kan mentok banget di ukuran seher 58mm itu juga dengan sisa boringan tipis banget bahkan bisa 0, sekian mm.
Sorry ya baru bisa bales. lagi banyak banget kerjaan soalnya :D
Buat yang mau nanya tentang apa pun, tentang motor kah, tentang kegiatan gue lah sampe jarang post blog, tentang pribadi lah, saran apa pun lah, atau mau nanya sambil bercanda lah dan sebagainya.
ReplyDeletebisa kok follow dan ask di ask.fm gue. di bawah ada kok IDnya dan jangan lupa follow or add sosial media lain yang gue punya yah :)
Thanks banget buat yang udah read postingan gue dan buat yang komentar, gue jadi tau ternyata postingan gue ada manfaatnya juga :)
Ask.Fm : @FajriOA
Twitter : @FajriOA
Instagram : @Justaaashari
kalo facebook gue udah lama nggak pake facebook lagi, sampe gue lupa passwordnya hehe, tapi mungkin nanti gue bikin lagi dan gue kasih tau apa facebooknya biar bisa interaksi langsung :)
oiya gue baru buat channel Youtube loh :) jadi nanti kalo ada pertanyaan entah di Ask.Fm, Twitter, Komment Intagram dan lainnya gue jawabnya selain langsung di sosial media yang kalian taro pertanyaannya gue juga bakal bikin vido pas gue jawab pertanyaan kalian :)
So, open question pertama sampe akhir februari yah :) buat Video pertama gue, nanti link channelnya gue kasih kok :)
bang kalo saya pakek cara yg abag bilang tadi untuk saya jadikan motocross bisa gk tu bg
ReplyDeletebisa kok mas, tapi mungkin ada beberapa yang agak di ubah settingannya, kayak durasi noken As, sama 1 lagi kompresi...
Deletesoalnya kan motocross itu dia butuh power yang agak gede lagi di putaran bawah biar kalo misalkan masnya mau off road gitu ada tenaga yang lebih buat treknya yang ngga alus kayak aspal... tapi overall bisa kok pake cara di atas cuma butuh penyesuaian dikit aja kok :)
Bang , gua baru beli bak kopling kayak punya abg, mtr saya revo new cw 110 bg , apakah Itu masuk ke mtr saya bg???
ReplyDeleteMohon jawabannya bang
Thx
Bang itu kurk as karisma 125 pnp ke mesin supra fit 100cc
ReplyDeleteAtau ada otak-atik lagi?
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBang motor revo saya udah di ganti piston vario 125, biar tarikanya usah apa lagi y bang.trmksh
ReplyDeleteBang motor saya udah ganti piston vario 125, biar tarikanya mantap rubah apa lagi,trmksh
ReplyDeleteSaya mau tanya gan..
ReplyDeleteKalau karburator revo absolut 110 cc di ganti sama karburator supra x 125 bisa ga gan???
Klo ngorek revo injek gimna gan, minta ilmu'a.
ReplyDeletePermisi gan mau tanya . Kalo di buat jarak panjang aman gak gan ? Ya sekiranya 1200m kayak herex" gitu sama buat luar kota aman gak gan ?
ReplyDeleteIya sama mau tanya kalo mau naikin CC ke 170 atau 180 CC pake seger apa gan ? Komponen" nya apa gak ?
Deletebang kalo pake seher sonic liner luar pake uk brph ya?
DeleteGan.. Itu pakek CDI kebo langsung pasang apa harus ngerubah sensornya dli? Teimkasih
Deletebang kalo revo fit enak nya pake rasio gearbox pake apa ya bang?
ReplyDeleteBang kalo motor saya mainnya seher+bandul +klep+noken itu gimana?
ReplyDeleteSaya tu punya kop seher punya satria kira" Di pasang di revo bisa ngga?
ReplyDeleteMau tanya mas kalo Honda legenda di kasih seher kaze maksimal ov berapa?
ReplyDeleteOm itu pake klep supra fit an thunder ngrubah seting gk
ReplyDeleteBang mau tanya nihh revo absolute sya klo ditop speed tiba" Ilang napas padahal udh ganti carbu,terus ngelimit/merebet
ReplyDeletebang, ada kontak bengkelnya ga bang?? Dan klo sekarang2 ini bore up kyk abang masih tersedia ga ?
ReplyDeleteterimakasih
gan klo ga perlu ganti knalpot tetep kenceng ga lajunya soalnya takut klo knalpot jd brong nnti kena razia pas touring knalpot ga standar suaranya?
ReplyDeleteBang untuk boreup itu blok nya bisa diganti gk karna saran tukang colter standar revo hanya maxs 5mm untuk dibore up, untuk blok seher, blok seher motor apa yg bisa digunakan?
ReplyDeleteBang mau tanya nih klo bore up revo abs spek 58 itu pake liner nya ukuran berapa ?
ReplyDeleteRevo 100(Lama) Langkah 57 Pakai Rante keteng ukuran berapa gan ?
ReplyDelete